Ramadhan, the Great Month

Well, kalian semua pasti pada seneng nih, soalnya di tahun 1432 Hijriah ini kita ketemu lagi ama bulan Ramadhan. Alhamdulillah, Allah masih memberikan kita kesempatan untuk bertemu kembali dengan Ramadhan. MaRi kita sambut Ramadhan dengan penuh semangat, MaRi kita penuhi Ramadhan dengan peningkatan amal ibadah semaksimal mungkin, MaRi kita ikut seRta membuat Ramadhan ini lebih dan lebih beRcahaya, SemOga kita semua dapat masuk dalam gOlOngan ORang-ORang yang beRtaqwa.

Semua pasti udah pada tahu kalo bulan Ramadhan ini bulan yang spesial. Bulan Ramadhan ialah bulan penuh ampunan, bulan penuh maghfirah, bulan penuh berkah, bulan yang sangat mulia. Bahkan setelah 1 bulan berpuasa di bulan Ramadhan, kita akan merayakan Idul Fitri yang notabenenya merupakan hari kemenangan. Dan di saat itulah kita bagaikan seorang bayi yang terlahir kembali. Subhanallah, Ramadhan keren bgt ya. Tapi bukan hanya sekadar berpuasa sebulan penuh hingga kita menjadi layaknya seorang bayi yang suci. Hal itu harus diiringi dengan amal-amal sholeh lainnya dengan ikhlas karena Allah ta'ala.


Tentunya banyak keutamaan-keutamaan Bulan Ramadhan, di antaranya:


  1. Bulan kaderisasi taqwa, bulan diturunkannya Al-Qur'an.
    "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa" (Q.S. Al-Baqarah:183)
    "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)" (Q.S. Al-Baqarah:185)

  2. Bulan yang paling utama, bulan yang penuh berkah.
    "Bulan yang paling utama adalah bulan Ramadhan dan hari yang paling utama adalah hari Jum'at" (HR. Tabrani)
    "Dari Ubaidah bin Shamit, bahwa Rasulullah SAW, pada suatu hari ketika Ramadhan telah tiba, bersabda: Ramadhan telah tiba pada kalian, bulan yang penuh berkah, pada bulan itu Allah swt. akan memberikan naungan-Nya kepada kalian. Dia turunkan rahmat-Nya, Dia hapuskan kesalahan-kesalahan, dan Dia kabulkan do'a. Pada bulan itu Allah ta'ala akan melihat kalian yang berpacu melakukan kebaikan, para malaikat berbangga dengan kalian dan perlihatkanlah kebbaikan diri kalian kepada Allah swt. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat rahmat Allah Azza wa Jalla" (HR. Tabrani)

  3. Bulan ampunan dosa, bulan peluang emas melakukan ketaatan.
    "Antara sholat lima waktu. dari Jum'at ke Jum'at. Dari Ramadhan ke Ramadhan. Dapat menghapuskan dosa-dosa apabila dosa-dosa besar dihindari" (HR. Muslim)
    "Barangsiapa melakukan ibadah di malam bulan Ramadhan, karena iman dan mengharapkan ridho Allah swt, maka dosa-dosa yang telah lalu diampuni" (HR. Muttafaq alaih)
    "Apabila Ramadhan datang, maka pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan syaitan-syaitan dibelenggu" (HR> Bukhori Muslim)

  4. Bulan dilipatgandakan amal sholeh
    "Setiap amal bani Adam dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan menjadi sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman: Kecuali puasa, puasa itu untuk-Ku dan Akulah yang akan membalasnya. Ia tinggalkan (tuntunan) nafsu syahwat dan makannya semata-mata karena Aku. Orang yang berusaha mendapat dua kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa Rabb-nya. Bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih wangi daripada bau parfum misik" (HR. Muslim)

  5. Bulan ibadah, sabar, santunan, infaq dan do'a
    "Dari Salman A. Katanya: Rasulullah saw berkhotbah di tengah-tengah kami pada akhir Sya'ban, sabdanya: Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaungi kalian. Bulan yang di dalamnya ada surau malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa, qiyamullail disunnahkan. Barangsiapa yang pada bulan itu mendekatkan diri dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan tujuh puluh kali kewajiban di bulan lainnya. Ramadhan adalah bulan sabar, sabar atau balasan surga. Bulan santunan, bulan ditambahkannya rezeki orang mu'min. Siapa yang memberikan makanan untuk berbuka kepada seorang yang berpuasa, balasannya ampunan terhadap dosa-dosanya, dirinya dibebaskan dari neraka dan dia mendapatkan pahala sebesar orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala orang tersebut" (HR. Ibnu Khuzimah)

  6. Ramadhan bulan jihad dan kemenangan
    Sejarah mencatat bahwa pada bulan suci Ramadhan inilah beberapa kesuksesan dan kemenangan besar diraih umat Islam, yang sekaligus membuktikan bahwa Ramadhan bukan bulan malas dan lemah, tetapi merupakan bulan kuat. Bulan jihad, bulan kemenangan. Perang Badar Al Kubro yang diabadikan dalam Al-Qur'an sebagai "Yaumul Furqon" dan umat Islam saat itu meraih kemenangan besar terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 10 Hijriyah. Dan saat itu pula gembong kebatilan Abu Jahal terbunuh. Pada bulan Ramadhan pula "Futuh Makkah" atau penaklukan kota Mekkah terjadi, yang diabadikan dalam Al-Qur'an sebagai "Fathan Mubina" tepatnya pada tanggal 10 Ramadhan tahun 8 Hijriyah. Serangkaian peristiwa besar lainnya juga terjadi pada bulan Ramadhan, seperti pada beberapa pertempuran dalam perang Tabuk terjadi pada bulan Ramadhan tahun 9 Hijriyah, tersebarnya Islam di Yaman, Kholid bin Walid menghancurkan berhala Uzza pada 25 Ramadhan tahun 9 Hijriyah, dan masih banyak lagi peristiwa lainnya.

Subhanallah, ternyata bulan Ramadhan itu bener2 luar biasa y.. Itu baru 6 keutamaan-keutamaan dari sekian banyak keutamaan bulan Ramadhan.. Hmmm, moga aja kita bisa meningkatkan kualitas keimanan kita di bulan yang penuh berkah ini. Tapi, jangan berhenti sampai 30 hari Ramadhan aja dong. Di bulan-bulan selanjutnya kita harus tetep semangat dalam beribadah hingga bertemu dengan bulan Ramadhan tahun berikutnya, insyaAllah, semoga panjang umur. Amiin Ya Robbal alamiin.