Tahun Baru 1431 Hiriyah

Banyak hal yang menarik saat kita memasuki tahun baru hijriyah diantaranya yaitu munculnya semangat baru dalam diri kita. Yang terpenting dengan adanya pergantian tahun dalam sistem kelender Islam ini adalah introspeksi diri terhadap apa yang telah kita lakukan selama 1 tahun terakhir ini, terutama tentang amal ibadah kita serta perbuatan kita apakah sudah sesuai dengan perintah Allah SWT.

Di awal tahun di setahun yang lalu kitapun merasakan hal yang sama seperti sekarang ini. Harapan baru, semangat baru. Dan selama setahun kemarin kita telah berusaha dengan segala usaha menggapainya.

Dan sekarang, waktu setahun itu sudah kita tinggalkan. Tak mungkin dapat kita ulangi lagi, dan tak ada ulangan untuk apa yang sudah kita lakukan kemarin.

Sungguh benar bahwa manusia itu memang berada dalam keadaan yang merugi jika kita tak dapat memanfaatkan waktu yang ada, detik demi detik di depan. Dan juga sungguh benar jika hal yang paling jauh adalah hari kemarin, karena tak akan pernah dapat kita kejar dan kita raih kembali.

Untuk itu, di awal Tahun Baru 1431 Hijriyah ini mari kita berdoa pada Allah Subhanahu wa Ta'ala semoga dalam hari-hari yang kita lalui nanti, semuanya selalu membawa kebaikan dan manfaat bagi kita dan semua orang yang kita cintai.

Ya Allah, Ampunilah segala keteledoran hambamu selama ini, yang telah banyak menyia-nyiakan waktu setahun yang lalu, yang tak mepergunakannya untuk hal-hal yang Engkau cintai. Tuhan, berilah hamba-Mu ini kekuatan dan keteguhan hati untuk dapat memperbaikinya di tahun ini. Berilah hamba-Mu ini kesempatan … untuk berbakti pada kedua Orang tua, dan mengabdi pada Engkau Ya Rabbi dengan menjadikan diri ini berarti bagi sesama. Amiin.